Rabu, 21 Agustus 2019

7 Khasiat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Cincau hijau bisa menjadi salah satu minuman pelepas dahaga yang menyegarkan di siang hari. Tambahan santan dan cairan gula merah yang manis, terasa segar saat mengalir di tenggorokan.

Selain dapat melepaskan dahaga, cincau hijau juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan lho. Cincau hijau terbuat dari daun cincau yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya karbohidrat.


1. Mengatasi radang
Kandungan vitamin C dan klorofil membantu mengatasi masalah lambung, termasuk radang atau asam lambung. Senyawa pada cincau hijau akan menguatkan otot pada dinding lambung dengan membunuh bakteri-bakteri yang mengganggu. Untuk mengatasi radang pada lambung dapat mengonsumsi rebusan daun cincau sebanyak 2 kali sehari.

2. Menurunkan darah tinggi
Senyawa S-S tetandrin juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Senyawa tersebut bisa melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan mengalir lebih lancar. Bagi yang memiliki masalah hipertensi atau darah tinggi, daun cincau akan membantu menormalkan kembali tekanan darah. Sebaiknya minum rebusan daun cincau sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3. Mengatasi keracunan
Beberapa jenis seafood bisa mengakibatkan keracunan. Tentunya jika tidak segera diatasi akan membahayakan kesehatan tubuh. Nah, daun cincau ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi keracunan ini. Kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalamnya membantu mengatasi racun dalam tubuh.

Cara menggunakannya cukup dengan meremas 5-10 lembar daun cincau. Remasan tersebut akan mengeluarkan air berwarna hijau. Air remasan tersebut kemudian diminum dengan tambahan gula jawa.

4. Antioksidan alami
Cincau mengandung klorofil yang dapat meresap dengan mudah ke dalam aliran tubuh sehingga dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri bisa memicu berbagai masalah, salah satunya dapat menyebabkan terjadinya kanker dan tumor.

5. Mengatasi diare
Selain klorofil dan vitamin C, daun cincau juga mengandung senyawa alkaloid dengan kandungan vitamin B. Kandungan tersebut dapat mengatasi masalah diare dengan cara mengonsumsinya secara teratur yaitu 3 kali dalam sehari. Selain mengatasi diare, daun cincau juga dapat membantu meningkatkan penyerapan sari makanan yang ada di dalam tubuh.

6. Menurunkan demam
Daun cincau mengandung saponin yang berperan untuk menurunkan demam. Caranya cukup rebus daun cincau hijau secukupnya dengan air bersih. Setelah itu diamkan air rebusan sampai sedikit hangat. Saring air rebusan tersebut kemudian diminum sebanyak dua kali sehari.

7. Mengatasi diabetes melitus
Salah satu kandungan daun cincau yang lain adalah bisbenzilsokuinolin. Senyawa ini dapat menstabilkan kadar gula darah. Kadar gula dalam darah dipengaruhi oleh kinerja hormon insulin.

Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes melitus maka bisa mencoba ramuan daun cincau. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun cincau yang diminum secara teratur 2 kali dalam sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar