Selasa, 20 Agustus 2019

Asal Usul Cincau


Cincau ternyata tak hanya terkenal di Indonesia. Di sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, tidak sulit menemukan minuman segar dengan campuran cincau. “Di Luar Negeri, penyajian minuman cincau standar saja, misalnya, cincau ditambah air, gula merah atau gula putih". Mengenal asal muasalnya cincau ternyata berasal dari tiongkok. Sejarah mencatat, orang orang tiongkok lah yang pertama kali membuat cincau. Pada masa-masa berikutnya, cincau juga dibuat oleh masyarakat di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Cincau adalah gel seperti agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat. Karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan dikalangan Tionghoa di Asia Tenggara.
Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini. Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur).
Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk. Cincau merupakan sejenis tanaman merambat (Cyclaea barbata) yang daunnya dapat digunakan untuk membuat semacam agar-agar.
Tanaman merambat ini, kita kenal sebagai bahan dasar dari olahan minuman segar seperti es cincau dan es campur. Hal ini didasarkan karena agar-agar yang terbuat dari daun ini memiliki rasa yang tawar. Sehingga sangat cocok untuk diolah bersama es dan air gula menjadi minuman yang menyegarkan.
Menurut Greshof, dalam artikelnya yang berjudul “chineeseche Planten in verband met Nederlandsch-Indie Beschouwd” pada tahun 1894 menyatakan, bahwa tanaman yang berasal dari China ini masuk ke Nusantara pada abad ke- 15. Paling tidak, seiring dengan masuknya tanaman teratai yang dikenal sejak zaman “Hinduisasi”
Di Indonesia, dikenal dua jenis cincau, yaitu cincau hijau dan cincau hitam. Cincau hijau maupun cincau hitam sama-sama terbuat dari tumbuhan, namun jenisnya berbeda. Cincau hijau dibuat dari daun Cyclaea barbata, sejenis tanaman rambat berdaun tipis dan berbulu. Adapula, cincau hijau yang dibuat dari Premna oblongifolia, tanaman berdaun lebar dan agak kaku. Lain halnya dengan cincau hitam yang terbuat dari daun dan batang mesona palustris (janggelan) yang dikeringkan.
                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar