Selasa, 20 Agustus 2019

Es Cincau Minuman Tradisional Khas Indonesia


Indonesia kaya akan resep-resep tradisional. Mulai dari minuman hingga makanan. Di negeri ini sepertinya tidak akan pernah kekurangan inovasi terkait kuliner. Salah satunya adalah Es Cincau yang merupakan Minuman Tradisional Khas Indonesia. Minuman ini bisa disejajarkan dengan Bandrek, Wedang Ronde, Wedang Uwuh dan ribuan resep minuman tradisional Nusantara.
Kali Nusantara banget mencoba untuk mengulik minuman tradisional Cincau. Tanaman cincau rambat (Cyclea barbata) dan cincau perdu (Premna oblongifolia) merupakan dua jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan baku cincau.Proses pembuatannya pun cukup sederhana dan tidak memakan waktu yang lama.

Dalam membuat Cincau sebagai Minuman Tradisional Khas Indonesia pertama yang perlu disiapkan adalah daun cincau hijau secukupnya serta siapkan baskom atau mangkuk sebagai tempat dan air yang telah direbus sekitar 500 Ml. Daun tersebut ditempatkan dalam baskom kemudian diremas-remas hingga keluar lendir atau gel berwarna hijau tua.
Saat meremas itu, air matang dituangkan secara berkala sedikit demi sedkit. Remasan ini berhenti setelah dirasa cukup pekat. Setelah itu, hasil remasan ini disaring untuk diambil airnya saja dan tempat di mangkuk yang bersih. Remasan air cincau ini berbentuk gel berwarna hijau tua. Kemdian simpai air hasil saringan cincaui itu ditempat yang sejuk. Boleh juga dimasukkan kedalam kulkas. Tunggu sekitar 3-4 Jam cincau sudah bisa dihidangkan. Yang perlu diperhatikan, saat proses peremasan air jangan terlalu banyak nanti cincau menjadi lembek tidak seperti agar-agar.
Untuk penyajian, Cincau akan terasa segar jika diminum saat terik. Penyajiannya, masukkan Cincau kedalam gelas kemudian ditambahi dengan santan. Tak lupa juga dibubuhi dengan gula cair. Untuk menambah kesegaran, Cincau bisa ditambahi dengan Es Batu sehingga lengkap dengan nama Es Cincau.
Konon Es Cincau ini juga berkhasiat mendinginkan perut sehingga pencernaan terasa lancar. Tak hanya itu, minuman ini juga bisa digunakan sebagai penurun demam dan mengobati panas dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar