Rabu, 21 Agustus 2019

Budidaya Tanaman Cincau Hitam


Penanaman dan perawatan dalam budidaya cincau tergolong mudah. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam pembudidayaan ini. Berikut penjelasannya.




Persiapan lahan
Apapun jenis cincau yang akan anda tanam, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu penyiapan lahan yang tepat. Carilah lahan yang sudah dibersihkan dari tanaman pengganggu. Setelah bersih, cangkul lahan tipis- tipis saja. Buatlah lubang berjarak sekitar 50 x 50 cm. Setelah itu, lahan tersebut juga harus diberi pupuk kandang secukupnya. Untuk ukuran 1 hektar, anda dapat memberi pupuknya sekitar 6-9 ton.

Pembibitan
Pembibitan juga penting untuk anda perhatikan. Dalam memilih bibit, pilihlah rumput cincau yang sudah tua. Ukuran tingginya sekitar 15- 20 cm. Jika lahan yang anda siapkan skeitar 1 hektar, maka anda bisa menyiapkannya sebanyak 2,5- 3 ton setek cincau.

Penanaman
Hal yang perlu anda ketahui bahwa tanaman cincau hitam ini membutuhkan cukup air saat pertumbuhannya. Untuk itu, anda harus dapat pastikan kondisi tanahnya tidak terlalu kering. Untuk penanaman sebaiknya dilakukan saat musim hujan. Pada setiap lubang yang sudah anda siapkan bisa ditanami 2-3 setek tanaman cincau di dalamnya. Tanaman yang sudah berusia 5-20 hari tersebut nantinya akan muncul daun- daun baru.

Budidaya Cincau Hitam

Pemeliharaan
Dalam hal pemeliharaan ini, terdapat beberapa langkah yaitu pemupukan yang meliputi pemupukan 1 dan 2, hama dan juga penyakit. Pemupukan 1 dilakukan saat tanaman sudah berusia 1 bulan. Pupuk yang direkomendasikan yaitu pupuk N dan P dengan perbandingan 2 : 1. Sementara pemupukan 2 dilakukan daat tanaman sudah berusia 2 bulan.


Langkah selanjutnya yaitu penyiangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari tanaman pengganggu. Tidak hanya itu, seperti halnya tanaman lain, tanaman cincau juga tidak menutup kemungkinan untuk terkena hama. Hama tanaman cincau pada umumnya ulat daun, rayap putih, ulat jengkal dan uret. Jika hama tersebut masih bisa anda atasi secara manual, namun jika sudah parah, maka bisa digunakan pestisida. Adapun penyakit yang biasa menyerang tanaman cincau yaitu bubuk batang.

Panen
Tanaman cincau siap di panen saat tanaman berusia 4 bulan. Cara panennya yaitu dengan dipotong menggunakan sabit, lalu dijemur hingga kering. Untuk 1 hektar, anda bisa menghasilkan 7,5 hingga 9 ton cincau basah. Jika dikeringkan hasilnya kira- kira 1,5 ton cincau kering.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar