Rabu, 21 Agustus 2019

Perbedaan Cincau Hitam dan Cincau Hijau


Tanaman Cincau Hitam

Adalah jenis tumbuhan penghasil cincau hitam berasal dari klasifikasi tumbuhan dari genus Mesona terutama M. procumbens, M. chinensis yang terdapat di daerah Tiongkok bagian selatan atau M.
palustris yang banyak terdapat di Indonesia sebagai penghasil bahan cincau hitam. Tanaman ini berasal dari Asia yang menyebar ke India, Birma, Indocina, Philipina sampai ke negara di Indonesia.
Tanaman Cincau “Mengetahui ” Jenis Manfaat Daun Cincau
Tumbuh baik di daerah pada ketinggian 75 – 2300 m dpl. Dengan ciri yang khas memiliki batang kecil dan ramping pada ujung batang tumbuh batang kecil, ada yang tumbuh batangnya menjalar ke tanah dan ada pula batang yang tumbuh tegak. Bentuk daun yang lonjong, berujung runcing. Bunganya mirip sekali dengan daun kemangi yang memiliki warna merah muda atau putih keunguan. Dari bagian daun dan batang dapat menghasilkan getah hijau kehitaman.
Tanaman Cincau Hijau

Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Menispermaceae dengan genus Cylea yaitu Cylea barbata Myers. Dengan ciri khas memiliki batang tumbuh menjalar dan merambat ke pohon atau pagar. Tinggi tanaman dapat mencapai 5 – 16 meter. Memiliki Batang berbentuk bulat dengan berdiameter sekitar 1cm serta daun berbentuk jantung seperti bulat telur dan ujung daun meruncing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar