Rabu, 21 Agustus 2019

Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya


Menanam Cincau Perdu
Beberapa tahun terakhir ini, saya sudah punya tanaman cincau perdu sendiri yang ditanam di dalam pot.
Awal nanamnya terinspirasi dari teman yang punya tanaman cincau perdu dihalaman rumahnya. Daunnya selalu di olah si teman  untuk diminum rutin oleh kedua orangtuanya yang mengidap penyakit darah tinggi. Kebetulan bapaknya teman itu juga mengidap penyakit jantung. Bapak teman yang makanannya harus benar-benar dijaga, sepertinya beliau sangat menikmati olahan daun cincau perdu ini.

Mengenal Tanaman Cincau Perdu.
Daun Cincau perdu (Melasthoma Polyanthum) adalah sejenis tanaman perdu, daunnya bila diolah dengan cara perendaman akan berbentuk gel atau agar-agar. Gel atau agar-agar ini bisa terbentuk karena tanaman ini mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Kata Cincau sendiri berasal lafal orang Thionghoa Asia Tenggara dengan dialek Hokkian Sienchau (xiancau).

Cara Mengolah Daun Cincau Perdu.
1.       Untuk mendapatkan segelas cincau seperti photo diatas, ambil 7 lembar daun cincau perdu.
2.       Cuci bersih. Buang tangkai daunnya.
3.       Taroh di wadah kaca, siram dengan setengah gelas air panas.
4.       Setelah agak layu, tambahkan setengah gelas air matang dingin.
5.       Remas-remas sampai gelnya tercampur air. Buang ampasnya.
6.       Saring.
7.       Bisa langsung di minum.
Tips lain cara mengolah: Setelah disaring, bisa menambahkan sedikit gula, perasan jeruk nipis. Kemudian diamkan di kulkas. Setelah dingin dan mengental baru di nikmati.
Bisa juga, setelah disaring, ditambahkan perasan jeruk nipis, kemudian dinginkan di kulkas. Jika sudah menjadi cincau (gel) bisa ditambahkan santan, susu, es batu, dan gula merah yang sudah dilarutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar